Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Warga Desa Tutup Pabrik Sawit PT BUM

  • 29 Maret 2016 - 20:03 WIB

Sedikitnya 300 warga Desa Tumbang Kalang, Kecamatan Antang Kalang, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menutup pabrik Pengolahan Kelapa Sawit milik PT Bangkitgiat Usaha Mandiri (BUM).

'Penutupan pabrik PKS milik PT BUM tersebut menyusul tidak dipenuhinya tuntutan warga desa,' kata tokoh masyarakat Desa Tumbang Kalang, Hardi P Hadi kepada wartawan di Sampit, Senin (28/3/2016).

Hardi mengungkapkan, sedikitnya ada lima tuntutan warga yang belum dipenuhi oleh pihak perusahaan PT BUM, yakni pembangunan kebun plasma untuk warga desa yang sebelumnya telah dijanjikan PT BUM sejak tahun 2003.

Kemudian meminta kepada pihak PT BUM untuk mengelola limbah pabrik dengan baik dan benar sehingga tidak mengalir dan mencemari sungai yang mengakibatkan ribuan ikan mati.

PT BUM juga dianggap telah melecehkan dan menghina adat Dayak seperti penggusuran terhadap situs budaya Dayak berupa Bukit Talali yang ada di wilayah desa tersebut.

Warga desa juga menuntut kepada pihak PT BUM untuk lebih mengutamakan atau memprioritaskan masyarakat desa sebagai tenaga kerja. Sedangkan tuntutan warga desa yang terakhir adalah agar PT BUM untuk segera menyelesaikan lahan yang masih bersengketa dengan warga desa.

'PT BUM sudah 25 tahun beroperasi di wilayahkan desa kami, namun sampai saat ini tidak ada kontribusinya untuk masyarakat bahkan plasma yang di janjikan tidak pernah terealisasi,' katanya.

Hardi mengatakan, pengoperasian PT BUM dengan presiden komisaris Nurdin Tampubolon sangat merugikan masyarakat desa.

Dalam aksinya ratusan warga desa mendatangi dan menutup pabrik PKS PT BUM karena dianggap telah mencemari sungai Hanya.

Sambil membawa poster bertuliskan 'Nurdin Tampubolon Kau Penjahat Kejam Membunuh Kami Dengan Limbah Pabrik Mu' ratusan warga desa juga mendesak PT BUM untuk segera menyelesaikan sengketa lahan. (ANT/B-8)

Berita Terbaru