Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pananaman Mangrove di Desa Sebuai Dinilai Stategis Pulihkan Ekosistem Pesisir

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Juni 2023 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), berkolaborasi dengan stakeholder terkait tengah berupaya menjaga dan memulihkan ekosistem pesisir dari ancaman abrasi dengan penanaman mangrove.

Dalam kesempatan ini, Sabtu, 24 Juni 2023, Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa, melakukan kunjungan ke Desa Sebuai, Kecamatan Kumai.

Hal tersebut dilaksanakan dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi program penanaman mangrove tahap 2, diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves).

Pj Bupati Budi Santosa menilai, penanaman mangrove di Desa Sebuai merupakan langkah strategis untuk memulihkan ekosistem pesisir.

"Penanaman mangrove tidak hanya memiliki manfaat ekologis, tetapi juga penting karena berdampak secara keberlanjutan ekonomi masyarakat setempat yang bergantung pada sumber daya alam di sekitar," kata Budi Santosa.

Budi Santosa menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada GAPKI dan Kemenko Marves atas kolaborasi yang dijalin untuk menjaga keberlanjutan lingkungan di Kobar. Budi Santosa juga siap mendukung apabila program serupa dilaksanakan di wilayah-wilayah lain di pesisir Kumai.

"Pada prinsipnya kita mendukung, apabila memang dari GAPKI mendorong untuk dilaksanakan di wilayah lain yang dinilai layak, kita siap mengkomunikasikan dengan jararan camat maupun desa - desa lainnya," tuturnya. (DANANG/Y)

Berita Terbaru