Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Partai Demokrat Barito Timur Perbaiki Berkas Bacaleg

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 09 Juli 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - DPC Partai Demokrat Barito Timur menyerahkan kelengkapan perbaikan berkas daftar bakal calon anggota legislatif atau bacaleg ke KPU Barito Timur, Minggu, 9 Juli 2023.

Penyerahan berkas tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPC Partai Demokrat Barito Timur, Raran, dan didampingi Direktur Eksekutif DPC Partai Demokrat dan pengurus DPC yang lainnya.

"Yang kami perbaiki itu ijazah dan SK pensiun eks PNS yang pada KTP-nya masih tercantum pekerjaan sebagai PNS," jelas Raran saat diwawancarai usai penyerahan berkas perbaikan.

Dia mengakui penyerahan berkas perbaikan baru dilakukan pada hari terakhir karena kendali Sistem Informasi Pencalonan atau Silon ada pada Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat.

"Tapi ini semua sudah lengkap ada 9 bacaleg di dapil (daerah pemilihan) satu, 6 bacaleg di dapil dua dan 10 bacaleg di dapil tiga. Keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen juga sudah terpenuhi," tambah Raran.

Dia berharap hingga penetapan daftar calon tetap tidak ada bacaleg yang mundur atau perubahan bacaleg.

Pada kesempatan itu Raran juga mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pembentukan ranting partai di semua desa dan menyiapkan saksi yang akan bertugas di tempat pemungutan suara atau TPS.

"Semua teman-teman di partai saat ini sedang bekerja keras siang dan malam untuk mempersiapkan diri mengahadapi Pemilu 2024, mudah-mudahan kerja keras mereka nanti bisa membuahkan hasil yang baik," ucapnya.

Sementara itu Ketua KPU Barito Timur Andy Amyanu Gandrung menerangkan, hari ini merupakan hari terakhir perbaikan berkas bacaleg.

"Kami buka sampai nanti malam pukul 23.59 WIB. Hingga saat ini baru ada 5 partai yang melakukan perbaikan yakni PKB, Perindo, Gerindra, Demokrat dan PAN," kata Andy saat diwawancarai pukul 12.30 WIB.

Meski demikian dia tidak mengetahui berapa banyak lagi partai yang akan melakukan perbaikan karena dari internal partai sendiri yang mengetahui bacaleg yang belum memenuhi syarat.

"Terkait perbaikan ini sejak awal pendaftaran kami sudah tiga kali sampaikan dengan teman-teman partai agar bisa segera berkomunikasi dengan LO-nya (naradamping) untuk berkoordinasi dengan KPU apabila nanti masih ada data-data yang kurang kan bisa segera dilengkapi," ungkap Andy.

Diketahui, dari 18 partai yang menjadi peserta Pemilu 2024, hanya 15 partai yang mendaftarkan bacaleg ke KPU Barito Timur. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru