Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kobar bakal Punya Pabrik Tepung Ikan Pertama di Kalteng

  • 06 April 2016 - 20:37 WIB

PANGKALAN BUN - Produk hasil lokal Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) bakal bertambah. Pasalnya, usulan pengadaan Pabrik Pengolahan Hasil Perikanan, kepada pemerintah pusat akhinya disetujui. 

Pabrik produksi tepung ikan yang pengadaannya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2016, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini, bakal jadi yang pertama di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kobar, Rudolf Ditta mengungkapkan, kapasitas produksi pabrik itu nantinya diperkirakan mampu menghasilkan sekitar 10 ton tepung ikan per hari. Pengadaan pabrik tepung ikan ini sepaket dengan pengadaan single cold storage atau ruang penyimpanan berpendingin, dengan daya tampung sekitar 200 ton. Pabrik dan fasilitas penunjang produksi tepung ikan itu rencananya akan dibangun di Desa Sungai Kapitan, Kumai, sekitar Juli dan Juni mendatang.

'Kita berharap hasil produksi pabrik itu Kobar ini tak hanya untuk lokal saja. Kalau bisa juga keluar pulau. Tapi kapasitas produksinya tergantung anggaran. Mesin kapasitas 10 ton itu harganya kalau tidak salah Rp13 miliar. Kemarin awalnya anggaran yang disediakan Rp18 miliar. Tapi ada kabar katanya kemungkinan akan berubah, jadi kita belum tahu pastinya,' terang Rudolf Ditta, Rabu (6/4/2016).

Menurut Rudolf Ditta, pihak kementerian berharap pabrik tepung ikan ini bisa dikelola oleh badan usaha milik daerah (BUMD), sehingga bisa menghasilkan pemasukan atau pendapatan bagi daerah. Namun dikarenakan BUMD khusus yang dimaksud belum tersedia. Pengelolaan pabrik produksi tepung ikan itu untuk sementara akan dijalankan menggunakan badan usaha koperasi. 

(RD/B-12)

Berita Terbaru