Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sewa Lapak di Jalan Yos Sudarso Terlalu Tinggi, Pedagang Buah Minta Diturunkan

  • Oleh Hendri
  • 11 Agustus 2023 - 06:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pedagang buah di Jalan Yos Sudarso Palangka Raya, tepatnya di kawasan kuliner Tunggal Sangomang harus membayar biaya sewa lapak sebesar Rp.100 per hari.

Lapak berupa tenda itu disediakan pemerintah melalui kelurahan Palangka dan dikelola oleh LKK Kelurahan Palangka.

Dengan besaran biaya yang selama ini ditanggung, pedagang merasa kesulitan memperoleh keuntungan, apalagi musim buah hampir berakhir.

Atas dasar itu pedagang kembali mengundang pengurus LKK termasuk Lurah Palangka untuk membicarakan ulang soal biaya sewa lapak pada periode musim buah selanjutnya, Kamis, 10 Agustus 2023.

"Untuk bulan ini kami tidak masalah sesuai dengan kesepakatan awal bahwa bayar Rp.100 ribu. Namun kami pesan dan berharap agar musim buah selanjutnya bisa diturunkan biaya sewa, nggak usah pakai tenda lagi, bikin terpal saja," kata pedagang yang dituakan pada pertemuan tersebut.

Pihak pedagang mengungkapkan, kesepakatan awal biaya sewa Rp.100 ribu disepakati karena berjualan buah durian yang harganya tinggi, sehingga Rp.100 sebagai retribusi tidak menjadi masalah.

Namun belakangan mereka merasa kurang untung lantaran buah yang dijual sudah berganti seperti buah langsat dan buah hutan lainnya yang harga tergolong lebih murah.

Terkait aspirasi pedagang ini, Lurah Palangka, Dawid menyambut baik dan akan tetap memperjuangkan keberlanjutan tempat berjualan bagi pedagang buah lokal ini.

"Sesuai kesimpulan pertemuan tadi, tetap sampai akhir bulan ini pakai kesepakatan yang dulu, tapi nanti akan dikurangi pada musim buah selanjutnya. Karena perjanjian awal hanya berlaku dua bulan saja," tutur Dawid.

Ke depannya Kelurahan Palangka juga berkoordinasi dengan Dinas Perdagangan hingga Satpol PP untuk penataan tempat yang lebih rapi dengan biaya sewa lebih murah.

Berita Terbaru