Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator ini Berharap Kades-Lurah di Kotim Berpendidikan Sarjana

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 11 Agustus 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Rudianur berharap kepala desa dan lurah di daerah ini melanjutkan pendidikan sarjana. 

"Saya berharap seluruh kepala desa dan BPD supaya bisa mendapatkan gelar sarjana karena paling tidak nanti menjadi project untuk di Kalimantan Tengah kalau kabupaten Kotawaringin Timur kepala desanya sangat luar biasa," kata Rudianur, Jumat, 11 Agustus 2023.

Dia mengatakan itu saat sosialisasi program perkuliahan rekognisi pembelajaran lampau (RPL) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) dengan seluruh perangkat desa di Kotim. 

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kotim dan dihadiri Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) UMPR Irwani.

Program RPL ialah program pendidikan sarjana diperuntukkan bagi seorang yang telah bekerja lebih dari 5 tahun. Pengalaman kerja tersebut disetarakan dengan berbagai mata kuliah S1 yang ada di kampus, sehingga memperpendek masa belajar menjadi 3 semester. Di mana pada umumnya S1 harus ditempuh minimal 4 tahun bahkan sampai 10 tahun.

"Program yang disampaikan Ini meningkatkan ilmu dan pengetahuan bagi kepala desa, ketua BPD, anggota BPD, aparatur desa bahkan bagi aparatur kecamatan. Mungkin pegawai Kecamatan masih ada yang belum mengenyam pendidikan S1," ujar Rudi. 

Rudi mengatakan, kepala desa di Kabupaten Kotim memiliki pendidikan terakhir rata-rata SMA, bahkan ada yang SMP. Dia berharap program ini menjembatani agar kepala desa mudah melanjutkan S1.

Dia berharap, di daerah ini jangan sampai ketertinggalan. Sebab dia menemui satu desa di Jawa Timur dimana mayoritas masyarakat berpendidikan dibawah. Begitu investor masuk ke desa tersebut, masyarakat tergeser.

"Saya berandai jika semua kepala desa, karena ada 168 desa dan 17 kelurahan, bahkan BPDnya seribu. Kalau semuanya kuliah saya bangga sekali," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/J) 

Berita Terbaru