Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perkuat Sinergitas Tangani Bencana Karhutla di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Agustus 2023 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta semua pihak bain pemda hingga masyarakat supaya dapat terus memperkuat sinergitas dalam rangka menangani bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kalteng.

Duwel mengatakan, dalam menangani karhutla tanpa memperkuat sinergitas maka hal itu akan memberikan dampak negatif tehadap upaya penanggulangan bencana itu yakni penanganan akan kurang maksimal, sehingga dikhawatirkan akan mengakibatkan kabut asap.

"Musim kemarau sudah kita rasakan saat ini, karhutla pun terjadi disejumlah daerah perlu adanya sinergitas untuk menangani itu agar tidak semakin meluas. Tentu kita tidak ingin tahun ini Kalteng dilanda kabut asap," ucapnya, Senin, 14 Agustus 2023.

Selain itu, ia pun turut mengapresiasi kesiapan pemda baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng dalam melakukan upaya pencegahan maupun penanganan karhutla. Ia berharap keberhasilan dalam mengantisipasi karhutla pada tahun-tahun lalu bisa dipertahankan.

Di sisi lain, sosialisasi terkait pencegahan maupun penanganan karhutla perlu terus digencarkan hingga tingkat paling bawah untuk mengajak semua pihak utamanya masyarakat agar tidak membakar lahan dengan sengaja dan bersama-sama melakukan pemadaman jika mengetahui ada kejadian karhutla.

"Kita ingin sinergitas itu terus ditingkatkan, sosialisasi harus digencarkan baik di tingkat kecamatan, kelurahan/desa, RT/ RW hingga masyarakat secara menyeluruh. Harapan kita pastinya karhutla di Kalteng tahun ini bisa ditangani dengan sebaik mungkin," tandasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru