Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng Ajak Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Perpustakaan

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Agustus 2023 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kakteng Sri Neni Trianawati mendorong adanya upaya untuk meningkatkan minat baca masyarakat terutama generasi muda melalui perpustakaan baik daerah maupun desa.

Menurutnya, perpustakaan merupakan salah satu fasilitas pendidikan yang harus dapat dimaksimalkan keberadaannya, sebab perpustakaan juga memiliki peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Meningkatkan kualitas SDM itu tidak hanya pada satuan pendidikan atau sekolah saja, tapi juga bisa melalui perpustakaan, karena di perpustakaan pastinya banyak ilmu yang bisa didapatkan melalui kegiatan membaca," ucapnya, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Dikatakannya bahwa, diera perkembangan zaman saat ini banyak diantara masyarakat utamanya generasi muda yang terpaku dengan kemajuan teknologi digitalisasi, sehingga hal itu berimbas terhadap menurunnya minat baca masyarakat maupun geberasi muda.

"Maksud terpaku itu yakni masyarakat maupun generasi muda lebih banyak menghabiskan waktu memainkan gadget atau handphone saja misalnya main game, sosial media dan lain-lain ketimbang membaca. Padahal membaca itu penting untuk memperdalam ilmu pengetahuan," ujarnya.

Ia menjelaskan, perkembangan teknologi digitalisasi sebenarnya tidak ada salahnya dan itu juga bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat terutama bagi ilmu pengetahuan, akan tetapi kebanyakannya digunakan untuk hal yang tidak berguna atau tidak produktif.

Sehingga, keberadaan perpustakaan perlu lebih dimaksimalkan lagi untuk meningkatkan minat baca masyarakat baik itu mengembangkan aplikasi perpustakaan digital yang bisa diakses melalui internet serta meningkatkan sarana atau fasilitas perpustakaan itu sendiri.

"Yang perlu diperhatikan juga yakni keberadaan perpustakaan yang ada di pedesaan. Bagi yang sudah memiliki supaya lebih ditingkatkan, dan yang belum agar dibangun. Menjadi tugas pemerintah memperhatikan hal ini dalam rangka untuk mencerdaskan anak bangsa," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru