Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tangani Karhutla, Kodim 1017 Lamandau Pinjam Alat Damkar ke BPBD Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 30 Agustus 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Minimnya curah hujan dan meningkatnya suhu panas di Kabupaten Lamandau berdampak terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan. Turut menangani terjadinya Karhutla, Kodim 1017/LMD meminjam sejumlah peraltan pemadam kebakaran (Damkar) milik BPBD Kabupaten Lamandau.

Perwira staf operasi, Kapten Infanteri Sis Hendrianto mengatakan, pihaknya melaksanakan pinjam pakai barang alat pemadam kebakaran dari BPBD Kabupaten Lamandau itu untuk mengantisipasi dan persiapan penanganan karhutla di wilayahnya.

“Sampai saat ini masih terdeteksi 16 titik hotspot  dalam stadium 2 merah dan 14 kuning yang terbagi di Kecamatan Delang dan Kecamatan Lamandau,” tutur Hendrianto di Nanga Bulik, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Alat yang dipinjamkan dari BPBD ke Kodim, terang dia, berupa 2 unit pompa apung merk Honda, jett shooter 4 unit, selang rubber 1,5 inci 4 roll dan nozzel 2 unit. Hal ini dilakukan karena minimnya peralatan yang dimiliki.

“Anggota kami masih banyak terkendala alat yang sangat minim. Kami dapat menjangkau tempat terjadinya kebakaran hutan dan lahan, namun pelaksanaan pemadaman api tidak maksimal,” sebutnya.

Dikatakan Hendrianto, selama ini anggota Kodim yang bertugas di Koramil dan di desa-desa menjadi ujung tombak dalam mengatasi bahaya kebakaran hutan dan lahan. Ia mengimbau masyarakat untuk selalu waspada ancaman karhutla.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lamandau, Lukius menyampaikan, penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan merupakan salah satu tugas pokok instansinya. Pihaknya juga melaksanakan pemantauan kebakaran hutan dan lahan di setiap kecamatan.

“Karena terkendala jarak lokasi kebakaran hutan yang sangat jauh dan anggota BPBD juga terbatas, kami bekerja sama dengan Kodim dan instansi lainnya untuk pemantauan dan pemadaman. Harapan kami dengan meminjamkan alat-alat pemadam kebakaran ini, tugas pokok kami juga lebih terbantu,” harapnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru