Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Potensi Sektor Perikanan di Kalteng Secara Menyeluruh

  • Oleh Donny Damara
  • 01 September 2023 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Wisman mendorong pemprov supaya dapat memaksimalkan potensi sektor perikanan di Kalteng secara menyeluruh.

Menurutnya, potensi perikanan di setiap wilayah di Kalteng ini sangat menjanjikan dan perlu program dari pemerintah untuk memaksimalkannya.

"Jika dimaksimalkan potensi perikanan kita di provinsi ini bisa menjadi penopang ekonomi daerah. Saya rasa setiap daerah memiliki potensi, tinggal hanya mencanangkan program terkait pengelolaannya," ucapnya, Jumat, 1 September 2023.

Ia mengatakan, pihaknya pasti akan mendukung upaya atau langkah dari pemerintah, seperti halnya program shrimp estate yang ada di Kabupaten Seruyan dan Kotim. Namun program itu masih perlu dikembangkan untuk perikanan tidak hanya udang.

"Shrimp estate inikan fokus pada udang vaname, jadi untuk perikanan bisa juga dikembangkan, dan itu jangan hanya pada satu wilayah saja tapi setiap wilayah yang memiliki potensi misalnya DAS Barito," tuturnya.

Sektor perikanan merupakan salah satu yang berkaitan dengan pangan, sehingga sektor ini perlu dimaksimalkan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya di Kalteng.

"Kalau bisa itu ikan lokal, seperti ikan gabus bisa dibudidaya dan dikembangkan karena ikan ini banyamk dicari untuk konsumsi dan belum ada budidaya yang memang hasil dari pengembangbiakan," ujarnya.

Selain itu program yang dicanangkan pemda, usaha masyarakat juga perlu didukung agar sektor perikanan di Kalteng bisa benar-benar dapat memenuhi kebutahan daerah dan pangan pun semakin kuat.

"Karena selama ini sebagian besar kebutuhan akan ikan daerah masih bergantung dari provinsi lain, maka dari itu potensi yang kita miliki perlu dimaksimalkan baik program pemerintah maupun usaha masyarakat harus didukung," imbuhnya. (DONNY D/J)


TAGS:

Berita Terbaru