Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Infrastruktur Membuka Wilayah Terisolasi Perlu Jadi Prioritas

  • Oleh Donny Damara
  • 01 September 2023 - 17:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry mengatakan pembangunan infrastruktur baik jalan dan jembatan untuk membuka wilayah terisolasi perlu menjadi prioritas pemerintah.

Pasalnya, untuk wilayah Kalteng sendiri hingga sampai saat ini masih banyak wilayah terisolasi yang belum memiliki infrastruktur jalan dan jembatan memadai, sehingga fokus perhatian pemda agar bisa mengarah ke hal tersebut.

"Pemerintah harus bisa benar-benar fokus terhadap hal ini, karena jalan dan jembatan sangat penting. Tanpa akses itu sektor lain sulit berkembang dan wilayah terisolasi pun akan semakin tertinggal," ucapnya, Jumat, 1 September 2023.

Ia mencontohkan seperti halnya di wilayah DAS Barito terutama Kabupaten Murung Raya (Mura). Sejumlah desa yang ada di pelosok hingga kini masih belum juga menikmati listrik PLN, itu terjadi lantaran desa-desa tersebut belum memiliki akses darat memadai.

"Kebanayakan di sana itu untuk bisa sampai desa harus melewati jalur sungai menggunakan kelotok karena akses darat tidak ada, dan ini berimbas terhadap sulitnya jaringan lstrik masuk, begitu juga dengan harga-harga bahan pokok yang mahal," ungkapnya.

Tidak hanya di Kabupaten Mura, wilayah kabupaten lain yang ada di DAS Barito juga masih banyak terdapat desa yang belum memiliki infrastruktur jalan dan jembatan memadai, sehingga membuat sektor lainnya sulit berkembang dan maju.

"Tidak hanya jaringan listrik tapi juga yang lain seperti pendidikan, kesehatan, hingga perekonomian sulit berkembang jika tidak memiliki jalan dan jembatan memadai. Kita minta ini supaya difokuskan oleh pemerintah memperhatikannya baik provinsi kabupaten dan kota," tandasnya. (DONNY D/J)


TAGS:

Berita Terbaru