Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Poslap Pemantau Karhutla Kecamatan Kapuas Timur Dibentuk

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 September 2023 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pos Lapangan (Poslap) pemantau kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Kecamatan Kapuas Timur akan dibentuk, menyikapi munculnya kejadian karhutla di wilayah setempat dalam beberapa waktu terakhir.

Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Kapuas Timur, rapat pembentukan Poslap dihadiri Sekretaris BPBD Kapuas, Reza Fahlevi, Sekretaris Camat Kapuas Timur, Amaluddin, Perwakilan Manggala Agni, Kapolsek Kapuas Timur, Ipda Gendee, perwakilan Koramil dan kepala desa se Kecamatan Kapuas Timur serta masyarakat/relawan peduli api.

Sekretaris Camat Kapuas Timur, Amaluddin mengatakan pada dasarnya pembentukan Poslap ini adalah masalah dana, maka pada kesempatan ini diadakan rembug dengan para kepala desa. 

"Jika ada perubahan anggaran, masih bisa diadakan perubahan anggaran untuk keperluan pembentukan pos lapangan atau poslap ini. Yang penting desa dan seluruh elemen masyarakat mendukung akan adanya pos lapangan ini," katanya, Rabu, 13 September 2023.

Kapolsek Kapuas Timur, Ipda Gendee mengatakan adanya pertemuan ini adalah upaya merangkul segala elemen untuk bersama peduli akan adanya Pos Lap. 

"Pembentukan tentu saja bantuan dari segala pihak, kita tekankan karhutla adalah tanggung jawab kita bersama. Beberapa kali kejadian, kita kuwalahan jika tidak ada peran serta dan kepedulian masyarakat," ucap Kapolsek.

Sekretaris BPBD Kapuas, Reza Fahlevi menyampaikan secara teknis yang penting mekanisme penganggaran yang tentu saja tadi sekretaris camat sudah mengatakan bisa diajukan peralihan. 

Adanya poslap juga mengurangi adanya niat melakukan secara sengaja pembakaran. Poslap di kecamatan payung hukum sudah ada dari Bupati sebagai dasar. (DODI RIZKIANSYAH/H)

Berita Terbaru