Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemda di Kalteng Kembangkan Jaringan Pelayanan Samsat

  • Oleh Donny Damara
  • 17 September 2023 - 15:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mendorong pemda di Kalteng ini agar dapat mengembangkan jaringan pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) secara merata.

Menurut Freddy, pengembangan layanan samsat secara merata perlu dilakukan guna mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan bermotornya terutama yang ada di wilayah pelosok.

"Samsat pembantu baik di kecamatan maupun kelurahan atau desa, itu perlu dibuka sebagai bentuk pengembangan layanan, sehingga pelayanan pun bisa merata," ucapnya, Minggu, 17 September 2023.

Freddy mengatakan, pengembangan layanan atau membuka jaringan kantor samsat pembantu di kecamatan maupun kelurahan atau desa sangat penting terutama untuk menjaring masyarakat sebagai wajib pajak membayar pajak kendaraan bermotornya terlebih yang jauh dari kantor samsat induk.

Pasalnya, selama ini kesulitan yang kerap dihadapi masyarakat yakni jarak tempuh yang jauh dari tempat tinggal asal di desa menuju kantor samsat induk, selain itu juga memakan banyak biaya. Sehingga, pemda melalui samsat harus dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat.

"Memang saat ini sudah bisa membayar pajak melalui online, tapi tidak semua desa memiliki jaringan internet. Nah pengembangan layanan ini bisa menjadi solusi bagi pemda untuk mendongkrak pendapatan daerah melalui sektor pajak kendaraan bermotor," tuturnya.

Di sisi lain, kendaraan atau mobil samsat keliling juga perlu dimaksimalkan. Setiap samsat baik di provinsi maupun kabupaten dan kota setidaknya masing-masing memiliki satu unit mobil samsat keliling yang dioperasikan terjadwal untuk menjaring wajib pajak disetiap wilayahnya.

"Kita harap ini bisa menjadi perhatian pemda yang ada di Kalteng. Pajak dari kendaraan bermotor sudah seharusnya dioptimalkan untuk mendongkrak pendapatan daerah yang nantinya anggaran itu untuk pembangunan. Kita meyakini apabila ada kemudahan maka masyarakat pun akan taat membayar pajak," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru