Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DLH Pulang Pisau Gelar Kick Off KLHS dan RPJPD

  • Oleh M Pradila Kandi
  • 04 Oktober 2023 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau menggelar kick off dan rapat pendahuluan penyusunan kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) serta rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD).

Kepala DLH Pulang Pisau, Hendry Arroyo mengatakan bahwa sesuai amanah perundang-undangan melalui peraturan Pemerintah nomor 22 Tahun 2021 dan peraturan Mendagri nomor 7 Tahun 2018, sehingga memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan menjadi dasar dan terintegritas dalam perencanaan pembangunan Daearah.

Ia menjelaskan, penyelenggaraan KLHS dalam penyusunan RPJPD Kabupaten Pulang Pisau menggunakan pendekatan pencapaian tujuan pembangunan untuk mendukung tujuan pembangunan Nasional.

"Tujuan lebih lanjut dari pembangunan sustainable development goals untuk mengakhiri kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan serta melindungi bumi dari empat pilar yang meliputi pembangunan sosial, ekonomi, lingkungan dan hukum tata kelola,"ucapnya, Rabu, 4 Oktober 2023.

Lebih lanjut, KLHS juga digunakan untuk menyiapkan alternatif penyempurnaan kebijakan rencana dan program yang bertujuan agar dampak atau resiko dari lingkungan yang tidak diharapkan dapat diminimalisasi.

Ia menambahkan, dalam penyusunan KLHS dan RPJPD juga melibatkan enam tim dari Universitas Muhammadiyah dan dengan kerjasama tersebut ia berharap kedepannya terdapat ringkasan induk buku data dukung untuk menjadi gambaran tindak lanjut pembangunan kedepannya.

"Ketersedian dokumen tentu menjadi kitab perencanan pembangunaan kedepannya. Sementara untuk penganggaran penyusuanan KLHS dan RPJPD menggunakan DPA DLH dan ditargetkan akan selesai pada akhir desember 2023," tutupnya. (M PRADILA KANDI/J)

Berita Terbaru