Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Menko: Indonesia Pelajari Perjanjian CPTPP Guna Buka Pasar Meksiko

  • Oleh ANTARA
  • 18 Oktober 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Tangerang - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Indonesia sedang mempelajari Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans Pasifik (CPTPP) dan Free Trade Agreement (FTA) guna membuka pasar di Amerika Latin khususnya Meksiko.

Airlangga menyampaikan, banyak pekerjaan rumah terkait dengan ekspor yang harus diselesaikan oleh Indonesia untuk memudahkan kegiatan ekspor.

"Ada cara untuk bagaimana kita bisa masuk untuk pasar yang lebih luas di negara-negara Amerika Latin, antara lain pemerintah sedang mempelajari CPTPP, karena CPTPP akan membuka pasar seluruhnya di Amerika Latin," ujar Airlangga usai pembukaan Trade Expo Indonesia 2023 di Tangerang, Banten, Rabu.

CPTPP merupakan sebuah perjanjian dagang antara Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura dan Vietnam.

Terkait dengan perjanjian bilateral antara Indonesia dan Meksiko, Airlangga menyebut terjadi hubungan dagang antar kedua negara. Namun demikian, negosiasi tersebut akan terus didorong.

"FTA itu tidak satu tahun (selesai dalam satu tahun), itu 1-2 tahun baru kita bisa akses pasarnya," kata Airlangga.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Ekspor Nasional ini mengatakan, hambatan ekspor ke negara Amerika Selatan selain kuota yang terbatas juga lantaran bea masuk yang tinggi.

Menurut Airlangga, untuk produk sepatu saja, bea masuk yang dikenakan bisa mencapai 20 persen. Oleh karena itu, pemerintah akan terus mencari solusi agar ekspor Indonesia pada wilayah tersebut dapat berkembang.

"Makanya kita harus kerja sama dengan mereka melalui FTA atau melalui CPTPP, nanti dicari jalan yang lebih baik," katanya. 

ANTARA

Berita Terbaru