Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Gunung Mas Kenalkan Budaya Tradisional kepada Siswa SMA

  • Oleh Riska Yulyana
  • 07 November 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) berbagi ilmu pengetahuan terkait perikanan tradisional kepada siswa-siswi dari SMA Katolik Santo Arnoldus Janssen Kuala Kurun, Selasa, 7 November 2023.

"Hari ini kami kedatangan siswa-siswa dari SMA Katolik Santo Arnoldus Janssen dalam rangka mengenal budaya leluhur melalui museum mini yang ada di Diabudpar Gunung Mas," ujar kepala Disbudpar Gunung Mas Hansli Gonak, Selasa, 7 November 2023.

Tema museum mini yang kami miliki ini yakni perikanan tradisional, jadi dalam museum tersebut para siswa belajar dan mengetahui bagaimana cara orang terdahulu menangkap ikan  di sungai menggunakan alat tangkap tradisional.

"Mereka belajar alat-alat tangkap apa saja yang digunakan di jaman dulu dan bagaimana cara masyarakat kita dulu menangkap ikan," jelasnya.

Harapannya, dengan adanya kunjungan tersebut bisa turut memperkenalkan kearifan lokal yang ada di Kabupaten Gunung Mas kepada gerenasi muda setempat.

Kemudian, Hansli Gonak menjelaskan bahwa museum tersebut belum dibuka secara resmi namun pelajar dan pihak lain bisa mengunjunginya dengan mengirimkan surat terlebih dahulu kepada pihak Disbudpar Gunung Mas.

Untuk ke depannya kata Hansli Gonak, ada rencana museum mini tersebut akan terus dikembangkan, diresmikan dengan dasar hukum yang ada. (RISKA YULYANA/j)

Berita Terbaru