Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Serba-serbi Aksi Solidaritas Bela Palestina di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 11 November 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejumlah organisasi di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar aksi dukungan terhadap Palestina di Bundaran Polres Kotawaringin Timur, Jumat, 10 November 2023.

Aksi bertajuk aksi solidaritas bela palestina itu diikuti sekitar 1.500 orang yang menyuarakan merdeka Palestina dan mengecam penjajahan yang dilakukan zionis Israel. Bahkan anak-anak ikut berpartisipasi membawa bendera Palestina dan poster-poster di tengah teriknya matahari.

Aksi itu dimulai dengan long march dari Masjid Al-Falah, Jalan A Yani, Sampit menuju Bundaran Polres Kotim. Sepanjang perjalanan masa menyerukan takbir dan Free Palestina.

Sejumlah tokoh berorasi dalam aksi itu diantaranya Komando koordinator lapangan aksi solidaritas bela Palestina Taufik, Mulyadi Ambut, Ustad Robita, Ketua DPD KNPI Kotim Achmad Julianto, MPI Kotim, Ketua ODOJ Sampit Sri Syachwani, Orasi lintas agama dari Gerakan Anak Muda Kristen Indonesia (GMKI), dan Ustad Achmad Rayyan Abrar.

Mereka satu suara menyeruakan Undang-undang dasar Negara Republik Indonesia 1945 alinea pertama bahwa sesungguhnya Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Ribuan masa menghentikan aksinya untuk salat asar berjamaah di Bundaran Polres. Ustad Robita menjadi imam salat berjamaah itu menyisipkan doa Qunut pada rakaat terakhir untuk mendoakan warga Palestina yang  menderita di tengah peperangan.

Penggalangan dana dilakukan dalam aksi solidaritas itu, bahkan persatuan pedagang pasar subuh dan pasar sejumput menyumbang Rp 5,6 juta untuk Palestina.

"Total donasi yg terkumpul kurang lebih 37 juta yg insyaallah akan kami salurkan melalui Baznas," kata Ketua DPD KNPI Kotim Achmad Julianto.

Setelah aksi solidaritas bela palestina usai, masyarakat membersihkan lokasi aksi. Sebuah pick up disiapkan untuk mengangkut sampah. Sehingga tak lokasi aksi bersih tak meninggalkan sisa sampah. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru