Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Hal Bisa Picu Angka Pengangguran

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 15 November 2023 - 06:25 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Edy Pratowo menilai ada banyak hal yang bisa memicu angka pengangguran.

Edy mengungkapkan penyebab pengangguran bukan hanya soal kemiskinan, namun soal kurangnya pendidikan, atau kurangnya keterampilan dan mismatch antara skill angkatan kerja dan kebutuhan pasar kerja.

“Jika seperti ini, maka mungkin saja pengangguran terjadi karena hilirnya yang tersumbat yaitu penyerapan pengangguran pada lapangan kerja belum berjalan lancar,” tuturnya saat kegiatan penyuluhan di Aula Jayang Tingang (AJT) Kantor Gubernur Kalteng, Selasa, 14 November 2023.

Selain itu, lanjut dia, angkatan kerja Kalteng belum memiliki informasi dan pengetahuan yang memadai tentang dunia kerja.

Hal ini terjadi karena skill dengan trend peluang kerja di dunia kerja belum matching. Masih banyak Perguruan Tinggi yang masih mempertahankan kejuruan yang sifatnya manajemen atau administrasi.

“Trend dunia usaha dan dunia industri saat ini mengalami pergeseran dan lebih mengedepankan skill implementasi,” tuturnya.

Edy mengungkapkan memasuki dunia kerja tidak cukup hanya dengan ilmu atau pengetahuan dasar.Tapi paling penting yang harus disiapkan adalah bagaimana pencari kerja memiliki skill, attitude dan karakter. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru