Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Kotim Komitmen Sukseskan Pilkada 2024

  • Oleh ANTARA
  • 13 Mei 2024 - 20:25 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Pendidikan(Disdik) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah berkomitmen selalu siap menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, mulai dari Pemilu legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden pada 14 Februari, maupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) 27 November.

"Kami selalu siap untuk berpartisipasi dan menyukseskan agenda demokrasi kita ini. Tentunya dengan kewenangan yang dimiliki dan sesuai aturan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur, Muhammad Irfansyah di Sampit, Senin, 13 Mei 2024.

Secara organisasi, Dinas Pendidikan terus menyerukan kepada seluruh jajaran insan pendidikan di daerah ini untuk menyukseskan pemilu. Kontribusi nyata ini sangat penting karena jumlah guru atau insan pendidikan cukup banyak dan tersebar hingga ke desa-desa di kawasan pelosok.

Berbagai kesempatan dimanfaatkan untuk mengajak insan pendidikan menggunakan hak pilih saat pemungutan suara. Tujuannya agar semua berperan menyalurkan hak pilih dengan baik, sekaligus meningkatkan partisipasi pemilih yang turut berpengaruh terhadap kualitas pemilu.

Selain itu, Dinas Pendidikan juga dilibatkan dalam tahapan. Seperti saat Pemilu legislatif, Dinas Pendidikan menjalankan kewenangan dalam membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam memverifikasi terkait ijazah para bakal calon anggota legislatif setempat.

Tidak sedikit pula guru yang turut menjadi bagian dari penyelenggara pemilu dengan bergabung menjadi PPK, Panwaslu kecamatan, maupun petugas ad hoc di tingkat PPS dan KPPS.

"Kami yakin semua bisa mengatur waktu dalam menjalankan tugas karena membantu pelaksanaan pemilu atau pilkada ini juga penting. Tentunya semua juga harus tetap menjaga netralitas sebagai abdi negara," ujar Irfansyah.

Dedikasi Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur dalam membantu kesuksesan pemilu, diakui oleh KPU setempat. Hal itu pula yang menjadi alasan KPU sehingga memberikan penghargaan kepada Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur.

Penghargaan itu diserahkan KPU saat rapat evaluasi pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Kotawaringin Timur pada Selasa (30/4) lalu. Dalam acara ini, KPU memberikan piagam penghargaan kepada beberapa pihak, salah satunya Dinas Pendidikan Kotawaringin Timur yang dinilai terus andil dalam menyukseskan Pemilu Legislatif.

Berita Terbaru