Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkat Pengangguran Kalteng 4,10 Persen Karena Lapangan Kerja Tersumbat

  • Oleh Marini
  • 15 November 2023 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo mengatakan, berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2023, angkatan kerja di Kalteng sebanyak 1,345 juta orang dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,10 persen.

Ia memprediksi hal ini mungkin saja terjadi, karena tersumbat lapangan kerja belum berjalan lancar. Sehingga, tingkat pengangguran terbuka lebar. 

Selain itu, angkatan kerja Kalteng belum memiliki informasi dan pengetahuan yang memadai tentang dunia kerja.

"Untuk itu penting yang harus disiapkan adalah bagaimana pencari kerja memiliki skill, attitude dan karakter," ucapnya, saat menyampaikan kata sambutan pada kegiatan penyuluhan dan bimbingan penyiapan tenaga kerja siap pakai bagi mahasiswa, bertempat di AJT Kantor Gubernur Kalteng Selasa, 14 November 2023.

Ia juga menyampaikan, Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan profesional harus benar-benar dipersiapkan. Melalui peningkatan kompetensi menyasar pada mahasiswa.

Hal ini menurutnya, sesuai dengan harapan bersama dalam SDM Bangkit, Kalteng BerAKHLAK, penuh dengan KeBERKAHan. 

"Tren pekerjaan sekarang telah banyak mengalami pergeseran. Tren dunia industri saat ini lebih mengedepankan skill implementasi," tuturnya.

Karena itu ia mengintruksikan, seluruh perangkat universitas seluruh Kalteng agar melakukan perombakan sistem pendidikan, dan pelatihan vokasi dengan memperhatikan permintaan dunia kerja yang dibutuhkan. (MARINI/j)

Berita Terbaru