Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Deteksi Dini Cegah Konflik Sosial di Lamandau

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 26 November 2023 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Penjabat Bupati Lamandau Lilis Suriani memimpin rapat Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, yang dilaksanakan di Aula Setda setempat.

Rapat yang dihadiri oleh para Camat dan perwakilan Camat se-Kabupaten Lamandau itu merupakan salah satu langkah penting dalam upaya mencegah terjadinya konflik yang dapat menyebabkan korban jiwa ataupun kerugian harta benda.

Lilis mengatakan, bahwa konflik menjadi fenomena yang paling sering muncul, karena konflik selalu menjadi bagian hidup manusia yang bersosial serta menjadi pendorong dalam dinamika dan perubahan sosial.

“Dilaksanakannya rapat tim terpadu penanganan konflik sosial merupakan langkah strategis dalam meningkatkan kewaspadaan dini di daerah terhadap munculnya potensi konflik yang dapat mengganggu Kamtibmas dan kekondusifan daerah yang sudah terpelihara dengan baik,” ungkap Lilis saat dikonfirmasi pada Minggu, 26 November 2023.

Lilis menjelaskan, tim terpadu penanganan konflik sosial di Kabupaten Lamandau sudah terbentuk sejak bulan Juli yang lalu. Rapat koordinasi yang dilaksanakan tersebut menjadi momentum untuk mengevaluasi penanganan konflik sosial di masyarakat.

“Saya berharap agar semua yang termasuk ke dalam tim terpadu ini dapat memberikan saran masukan dan pemikiran terhadap perencanaan aksi daerah tahun 2024 yang terdiri dari pencegahan konflik, penghentian konflik serta pemulihan pasca konflik di Kabupaten Lamandau,” harapnya.

Kabupaten Lamandau, kata dia, aman dan terkendali sampai saat ini berkat sinergitas dan kerjasama semua pihak baik pemerintah daerah, TNI-Polri, Kejaksaan, instansi vertikal serta dukungan dan partisipasi dari masyarakat.

“Oleh sebab itu, jangan sampai terjadi konflik yang justru akan merugikan kita sendiri dan juga orang lain. Mari terus kita jaga kekondusifan daerah kita ini,” pungkasnya. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru