Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kolaka Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerataan Kualitas Literasi dan Inklusi Keuangan di Berbagai Daerah Berkat Bantuan Media Massa

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 November 2023 - 10:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Otoritas Jasa Keuangan atau OJK memberikan apresiasi kepada seluruh media massa yang telah mendukung pemerataan kualitas literasi dan inklusi keuangan di berbagai daerah di Indonesia.

"Media massa yang telah mendukung pemerataan kualitas literasi dan inklusi keuangan di berbagai daerah di Indonesia kami sangat mengapresiasi," kata Kepala OJK Provinsi Kalteng, Otto Fitriandy menyampaikan rilis pusat pada Selasa, 28 November 2023.

Diharapkan, katanya, ini dapat mendukung tercapainya target nasional inklusi keuangan sebesar 90 persen pada tahun 2024. 

Sementara itu, Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Pelindungan Konsumen OJK, Friderica Widyasari Dewi dalam paparannya menyampaikan bahwa dalam implementasi program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah atau TPAKD, OJK sangat terbantu dengan dukungan media massa di daerah yang menyuarakan kolaborasi seluruh stakeholder melalui program TPAKD dan segenap pencapaiannya sehingga dapat mendukung peningkatan akses dan inklusi keuangan yang menunjang terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Media massa juga memiliki peran yang signifikan dalam mempromosikan literasi keuangan dengan mengedukasi dan menciptakan awareness konsumen tentang produk dan layanan keuangan serta pemahaman mengenai ketentuan pelindungan konsumen," katanya lagi.

Media massa juga, lanjut Friderica, sangat membantu mengungkap praktik penipuan aktivitas keuangan illegal dan mendorong kesadaran perilaku ke arah praktik keuangan yang bertanggung jawab.

Dalam kesempatan itu, Friderica mendorong media massa untuk berkolaborasi agar dapat memberikan informasi yang semakin berkualitas dan terpercaya dalam kaitannya dengan sektor jasa keuangan. 

"Kami berharap media massa juga dapat terus menjadi mitra OJK mendorong tingkat literasi dan inklusi keuangan di masyarakat sehingga dapat meningkatkan pelindungan konsumen dan pemerataan pertumbuhan ekonomi, khususnya di daerah," kata Friderica. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru