Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelurahan Panarung Manfaatkan Lahan Kosong untuk Pertanian dan Budi Daya Ikan

  • Oleh Pathur Rahman
  • 29 November 2023 - 05:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sebagai langkah konkret dalam mendukung ketahanan pangan, Kelurahan Panarung menginisiasi pemanfaatan lahan kosong di sekitar kantornya untuk kegiatan pertanian dan budi daya ikan.

Lurah Panarung, Evi Kahayanti nampak antusias memantau perkembangan tanaman dan ikan yang sedang dibudidayakan.

Pemanfaatan lahan tersebut melibatkan penanaman beragam jenis tanaman seperti cabai, tomat, terong, daun bawang, serai, dan jagung. Sementara itu, dalam upaya budi daya ikan, kelurahan ini fokus pada ikan mas, lele dan nila.

Evi berharap, upaya yang dilakukan oleh kelurahan dapat menjadi inspirasi bagi warga lainnya. Ia mendorong agar masyarakat memanfaatkan lahan kosong di sekitar tempat tinggal untuk menciptakan ketahanan pangan secara mandiri dan berkelanjutan.

"Jika lahan terbatas, warga dapat menggunakan sarana seperti Pollybag atau menerapkan metode Hidroponik yang tidak membutuhkan lahan luas. Cara ini sederhana namun praktis," jelasnya, Selasa, 28 November 2023.

Dia juga menekankan bahwa jika kedua cara tersebut diterapkan dengan optimal, hasilnya akan memenuhi harapan. Lebih lanjut, hasil panen dari kegiatan ini dapat dijual ke warga sekitar atau toko sayuran di sekitarnya, membantu tidak hanya memenuhi kebutuhan keluarga tetapi juga mendukung perekonomian.

Dengan semangat yang tinggi, Lurah Panarung Evi Kahayanti mengajak semua untuk menanam dengan memanfaatkan lahan yang ada.

"Langkah sederhana ini diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi ketahanan pangan lokal dan kesejahteraan ekonomi keluarga di Kelurahan Panarung," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru