Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Trigatra Bahasa Harus Diwujudkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 11 Desember 2023 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis mengatakan bahwa Trigatra Bahasa harus diwujudkan.

"Trigatra Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah, dan Kuasai Bahasa Asing harus diwujudkan," kata Muis pada Minggu, 10 Desember 2023.

Tentu kegiatan Revitalisasi Bahasa Daerah atau RBD yang telah diramaikan dan dipungkasi dengan pergelaran Festival Tunas Bahasa Ibu atau FTBI yang diikuti oleh para siswa SD dan SMP beberapa waktu lalu menurutnya harus mengangkat motivasi berbagai pihak untuk peduli dan turut berkontribusi dalam merevitalisasi bahasa dan sastra daerah.

"Perlu dicatat bahwa FTBI sesungguhnya bukan tujuan akhir rangkaian kegiatan revitalisasi," tuturnya lagi.

Bahkan, lanjutnya, FTBI itu bersifat opsional dan tidak harus dilaksanakan.

"Hal yang harus dilaksanakan adalah pengimbasan dan pembelajaran di sekolah-sekolah secara berkelanjutan sebagai wujud revitalisasi bahasa dan sastra daerah," tuturnya lagi.

Akhirnya kegiatan pun usai. Tentu masih ada yang perlu dikerjakan. Menyusun bahan ajar dengan materi yang banyak tidaklah mungkin sesingkat itu. Masih banyak yang perlu ditambahkan, dikoreksi, dan dievaluasi.

Oleh karena itu, melanjutkan penyusunan di daerah masing mestinya harus dilakukan agar bahan ajar semakin lengkap dan bisa digunakan di sekolah-sekolah dengan dukungan berbagai pihak. Dengan demikian, kiranya revitalisasi bahasa dan sastra daerah akan memperbesar peluang harapan untuk bisa digapai. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru