Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inspektorat Kalteng Cegah Korupsi Melalui Penguatan APIP

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 13 Desember 2023 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Inspektur Inspektorat Daerah Kalteng, Saring menyampaikan upaya pencegahan tindak pidana korupsi di Provinsi Kalteng telah dilakukan.

"Inspektorat Daerah Provinsi Kalteng turut berperan aktif dalam upaya pencegahan korupsi melalui penguatan peran Aparat pengawasan Intern Pemerintah (APIP),” sebut Saring dalam keterangannya saat rangkaian peringatan HAKORDIA, Selasa malam, 12 Desember 2023.

Ia menegaskan Pengawas Internal Pemerintah Daerah mempunyai fungsi quality control dan quality assurance terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Daring menyampaikan selain itu upaya pencegahan korupsi melalui pengendalian gratifikasi juga terus dilakukan dengan meningkatkan peran Penyuluh Anti Korupsi yang ada di Provinsi Kalteng.

Sebelumnya, Presiden RI, Joko Widodo mendorong untuk memperkuat sistem pencegahan termasuk memperbaiki kualitas SDM Aparat Penegak Hukum.

Termasuk memperbaiki sistem pengadaan barang dan jasa, sistem perizinan dan sistem pengawasan internal dengan mengoptimalkan penggunaan platform e-catalog, sistem OSB (online single submission) dan One Map Policy.

“Perlu juga diperkuat regulasi di level undang-undang seperti penyelesaian rancangan undang-undang perampasan aset pelaku tindak pidana korupsi,” ungkapnya saat membuka puncak peringatan HARKODIA. (HERMAWAN DP/j) 

 

Berita Terbaru