Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan Musda XV KNPI Kapuas Tuai Kekecewan Sejumlah OKP dan DPK

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Desember 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas – Musyawarah Daerah (Musda) DPD KNPI Kabupaten Kapuas Kalteng ke XV telah dilaksanakan pada Kamis, 14 Desember 2023. Hasilnya Abdul Khair terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD KNPI Kapuas periode 2023 - 2026.

Namun, pelaksanaan Musda XV KNPI Kapuas menuai kekecewaan dari sejumlah Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) KNPI.

“Saya kecewa karena tidak diundang dalam pelaksanaan Musda KNPI,” kata Ketua DPK KNPI Kecamatan Bataguh, Alfian dalam konferensi pers yang juga dihadiri perwakilan OKP dari NU, Ortom Muhammadiyah, AMPI, MKGR, AMPG dan ketua DPK KNPI Kecamatan Selat, kemarin sore.

Ia menceritakan, dirinya juga melakukan konfirmasi kepada panitia pelaksana Musda KNPI, ternyata dirinya telah dikarateker dengan alasan bahwa SK kepengurusannya telah berakhir dan penggantinya sudah ditunjuk karateker.

“Saya kaget. Bahkan saya dapat informasi semua DPK lainnya juga sama, dikarateker. Sehingga kami tidak bisa mengikuti kegiatan Musda,” jelasnya.

Alfian mengakui memang SK kepengurusannya telah berakhir, tetapi harusnya sebelum Musda ketua karateker KNPI kabupaten terlebih dulu melaksanakan Muscam DPK-DPK yang telah berakhir SK kepengurusannya.

“Karena itu merupakan bagian dari tugasnya. Kami sendiri padahal menunggu-nunggu ketua karateker KNPI kabupaten melaksanakan Muscam, tetapi malah menunjuk karateker dan tiba-tiba ada musda dan kami tidak diudang,” lontarnya.

Rasa kecewa juga disampaikan Puad, perwakilan dari Ortom yang terhimpun dalam organisasi Muhammadiyah Kapuas. Karena menurut Puad dalam proses pelaksanaan Musda KNPI ke XV ada mekanisme yang tidak berjalan dengan baik.

“Sehingga, itu mencederai rasa keorganisasian, keberhimpunan dan rasa nasionalitas kita. Karena pada hakikatnya kita berkumpul berikhtiar untuk memajukan DPD KNPI Kapuas,” ucap Puad.

Kemudian, dirinya juga menilai dalam pelaksanaan Musda KNPI tersebut ada etika yang dilanggar dan tidak dijalankan. Karena bagi Puad, etika lebih penting di atas segala-galanya.

Berita Terbaru