Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Melaksanakan Operasi Katarak Gratis

  • Oleh Ramadani
  • 16 Desember 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih melaksanakan operasi katarak gratis di RSUD Muara Teweh.

Pj Bupati Barito Utara Muhlis mengatakan, operasi katarak ini bertujuan untuk mendukung program kemanusiaan sebagai wujud kepedulian Pemkab Barito Utara dan lembaga swasta kepada masyarakat.

“Saya ucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Perdami beserta rombongan Yayasan Pundi Amal Peduli dari Jakarta di Kabupaten Barito Utara Bumi Iya Mulik Bengkang Turan yang memiliki arti pantang mundur sebelum berhasil,” kata Muhlis.

Penderita katarak saat ini masih menjadi masalah yang cukup serius di indonesia. Dan perlu diketahui bersama bahwa penyakit katarak disebabkan oleh beberapa faktor antara lain proses penuaan, mengkonsumsi obat tertentu dalam jangka waktu lama, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, paparan sinar matahari yang lama pada mata, paparan toksin, riwayat keluarga yang mengidap katarak, dan operasi pada mata.

Menurut Pj Bupati, banyak dari masyarakat kita yang terkena penyakit katarak ini, masih belum mengetahui gejala awal, sehingga jika dibiarkan dapat menjadi katarak. “Oleh sebab itu saya meminta kepada para tenaga medis juga memberikan edukasi tentang merawat kondisi kesehatan matanya,” ucap Muhlis.

Pj Bupati juga berharap melalui operasi katarak ini, memberikan keringanan dan kesembuhan kepada masyarakat Barito Utara yang mengalami gangguan penyakit katarak ini.

“Harapan kita bersama bahwa dengan operasi katarak ini mengurangi jumlah masyarakat Barito Utara yang terkena penyakit katarak yang akan berobat dan dioperasi namun terkendala oleh biaya,” imbuhnya.

Muhlis juga berpesan kepada seluruh tenaga medis yang ikut melaksanakan proses operasi agar sebelum dan sesudah melaksanakan operasi katarak ini, memberikan edukasi kepada para peserta operasi agar tetap menjaga kesehatan mata dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit katarak ini.   

Kepada tim dari Perdami dan Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih, Pj Bupati menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemkab Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas kerjasama yang terjalin ini.

“Semoga kedepannya banyak lagi kegiatan bakti sosial di bidang lain dapat kita kerjakan bersama-sama demi kepentingan masyarakat. Dan tidak lupa juga saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Dinas Kesehatan Barito Utara, Direktur RSUD Muara Teweh dan seluruh petugas medis yang berkenan mendarmabaktikan dirinya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat Kabupaten Barito Utara,” harapnya.(RAMADHANI/H)

Berita Terbaru