Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Palangka Raya Peringkat Pertama Tindak Pidana Terbanyak Selama 2023

  • Oleh Pathur Rahman
  • 30 Desember 2023 - 05:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kapolda Kalteng, Irjen Pol Djoko Poerwanto, mengungkapkan bahwa selama tahun 2023, terdapat tiga wilayah hukum dengan laporan tingkat tindak pidana tertinggi.

Polresta Palangka Raya menempati peringkat pertama dengan jumlah laporan tindak pidana 644 kasus, disusul oleh Polres Kotawaringin Timur (Kotim) dengan 466 kasus dan Polres Kotawaringin Barat (Kobar) dengan 362 kasus.

"Hal ini menunjukkan bahwa perlunya perhatian khusus dalam penanganan keamanan di wilayah-wilayah Polresta maupun Polres dengan laporan tindak pidana tinggi untuk menekan laju kriminalitas atau mencegah terjadinya tindak pidana," katanya, Jumat, 29 November 2023.

Kapolda juga menyoroti tren kenaikan kasus selama satu tahun terakhir, terutama pada kasus Pencurian dengan Pemberatan (Curat) yang naik sebesar 14 persen dari 362 kasus menjadi 414 kasus.

Sementara itu, terkait kasus narkoba, mengalami penurunan dari 677 kasus menjadi 617 kasus. Namun, Tindak Pidana Pencurian Biasa (Cubis) menunjukkan kenaikan signifikan dari 290 kasus menjadi 356 kasus. Begitu juga dengan Tindak Pidana Penggelapan yang mengalami kenaikan dari 254 kasus menjadi 310 kasus. 

Perubahan yang cukup mencolok terjadi pada Tindak Pidana Susila/Cabul yang mengalami penurunan dari 114 menjadi 69 kasus. 

"Analisis mendalam terhadap perubahan tren kasus ini, sangat diperlukan untuk merumuskan strategi yang tepat dalam menekan kenaikan tindak pidana tertentu dan memperkuat penanganan kasus-kasus yang menonjol," pungkasnya. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru