Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operator Sound Masjid Perlu Miliki Tiga Kemampuan ini

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Februari 2024 - 21:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi mengingatkan tiga kemampuan yang perlu dimiliki operator sound masjid.

"Idealnya operator sound dalam masjid memahami akustik, sound, dan Teknik miking," ungkap Suhaemi saat mewakili Wagub Kalteng dalam rangkaian kegiatan pelatihan akuistik sound masjid dan mixing di Aula Eka Hapakat, Senin, 5 Februari 2024.

Harapannya dengan pengetahuan tersebut supaya suara khatib, imam sholat, dan penceramah menjadi suatu hasil keluaran suara yang pas dan nyaman didengar.

"Tanpa pengetahuan dan skill yang cukup, maka suara yang terdengar tidak akan optimal. Hal ini juga berkaitan pula dengan efisiensi," tambahnya.

Di sini, lanjut dia, teknik miking dalam mengatur microphone dan suara luarannya menjadi bagian penting untuk mengatur besarnya level suara.

Melalui teknik miking keseimbangan level bunyi, baik dari suara maupun lantunan ayat Al Quran, akan dapat dicapai secara maksimal, tanpa harus menggunakan banyak perangkat atau membeli perangkat yang mahal.

"Selayaknya di setiap masjid, ada satu atau dua orang yang memahami dengan benar dan mampu menggunakan semua perangkat sound system dalam masjid dengan efisien dan tepat," tuturnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru