Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BRGM Restorasi Gambut Melalui Program 3P

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 08 Februari 2024 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau – Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) melakukan strategi restorasi gambut dengan program 3P.

Kepala Kelompok Kerja Perencanaan Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove, Noviar menyampaikan langkah 3P terdiri dari pembasahan kembali gambut (Rewetting).

Selanjutnya penanaman (Revegetation) dan peningkatan sumber mata pencaharian masyarakat (Revitalization  of  local  livelihoods).

“Inti dari pengelolaan lahan basah adalah menjaga lahan tersebut sebisa mungkin tetap basah, ini yang menjadi dasar kenapa lahan gambut kita jaga agar tidak kering dan tidak terbakar,” tuturnya, saat di Desa Sigi, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu, 7 Februari 2024.

Ia menegaskan penanaman yang dilaksanakan dalam peringatan hari lahan basah sedunia merupakan contoh bagaimana melakukan pemulihan ekosistem gambut dengan Revegetasi.

Dia mengatakan yang ditanam adalah jenis kayu Belangiran, Pulai, Petai yang merupakan tanaman paludikultur atau tanaman rawa.

“Selain itu BRGM terus melakukan pendampingan agar kelembagaan masyarakat berkembang dan kemandirian desa dalam mengelola gambut secara berkelanjutan tercapai,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/j)


TAGS:

Berita Terbaru