Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Halmahera Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BMKG Benarkan Ada Guncangan Dampak Gempa di Palangka Raya

  • Oleh Pathur Rahman
  • 13 Februari 2024 - 09:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Warga Palangka Raya, Kalimantan Tengah, merasakan getaran gempa bumi pada Selasa pagi, 13 Februari 2024.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Agung Sudiono membenarkan adanya gempa tersebut. Menurutnya, gempa berkekuatan magnitudo 4,5 dengan kedalaman 10 kilometer terjadi pada pukul 08.22 WIB.

“Getaran gempa dirasakan sekitar 2 hingga 3 detik di Palangka Raya. Ini karena gempa terjadi di daerah sesar aktif di Kalimantan Selatan (Kalsel)” kata Agung.

Agung menambahkan, gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Namun, ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang di masing - masing daerah.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengolahan data untuk analisis lebih lanjut. Kami juga terus memantau perkembangan gempa dan berkoordinasi dengan bagian gempa bumi realtime BMKG Republik Indonesia.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa,” tutup Agung. (PATHUR/j)

Berita Terbaru