Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Setiap Desa Diharapkan Memiliki Program Peningkatan Kualitas SDM

  • Oleh Donny Damara
  • 19 Februari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati berharap setiap desa yang ada di provinsi ini memiliki program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Ia mengatakan, program tersebut penting dengan tujuan yakni meningkatkan kualitas SDM yang ada agar mampu bersaing dalam dunia kerja maupun usaha serta mengurangi angka pengangguran terutama di tingkat desa.

"Setiap desa itu harus memiliki banyak SDM yang mumpuni maupun berkualitas, sehingga nantinya tidak kalah bersaing dengan SDM lain dalam dunia kerja serta usaha," ucapnya, Senin, 19 Februari 2024.

Kuwu menuturkan, perkembangan investasi saat ini khususnya di Kalteng cukup maju dan ada banyak investor yang menanamkan modalnya yakni mendirikan perusahaan baik sawit maupun pertembangan.

"Dan perusahaan-perusahaan itu kebanyakan berdiri atau beroperasi di wilayah perdesaan yang memiliki potensi SDA memadai, jadi setiap desa harus memiliki SDM berkualitas supaya tidak kalah saing untuk bekerja," ujarnya.

Program peningkatan kualitas SDM ini dapat dicanangkan yakni berupa bimbingan atau pelatihan pada berbagai bidang, dan terkait anggaran untuk pelaksanaannya bisa memanfaatkan dana desa.

"Dana desa ini bisa dimanfaatkan, karena penggunaannya tergantung kebijakan kepala desa. Saya rasa untuk meningkatkan SDM bisa dianggarkan dan juga bisa bekerja sama dengan pihak terkait lainnya," imbuhnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru