Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TPK Kabupaten Gunung Mas Peringkat Pertama Penyaji TPK Hebat Seri I Tingkat Nasional

  • Oleh Riska Yulyana
  • 27 Maret 2024 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Tim Pendamping Keluarga (TPK) Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas mewakili Provinsi Kalimantan Tengah  disebut jadi peringkat pertama Penyaji TPK Hebat (handal, berempati dan bersahabat) Seri I tingkat Nasional.

"Kita bersyukur dan memberikan apresiasi karena TPK Kelurahan Tewah atas prestasi yang diraih dalam Penyaji TPK Hebat Seri I tingkat nasional,"ujar Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L.P Umbing, Rabu, 27 Maret 2024.

Efrensia berharap, TPK Kelurahan Tewah bisa memotivasi TPK lainnya yang di Kabupaten Gunung Mas untuk terus bersama-sama dalam menurunkan angka stunting.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Gunung Mas Rina Sari menjelaskan bahwa TPK Kelurahan Tewah tersebut sudah melalui berbagai seleksi penyaji TPK Hebat Seri I tahun 2024.

Mulai dari seleksi tingkat Kabupaten Gunung Mas sejak bulan Februari Tahun 2024, provinsi Kalteng hingga pada 19 Maret 2024 TPK Kelurahan Tewah terpilih tiga terbaik sebagai Penyaji PBL Seri I dari 22 Provinsi di Indonesia dan berhak menjadi penyaji terpilih dalam acara Kelas TPK Hebat sesi 1.

Tiga terbaik selain TPK Kelurahan Tewah yakni TPK Desa Turus, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, TPK Desa Bangkiling Kecamatan Banua Lawas, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.


Ketiga Kader TPK tersebut dipilih menjadi tiga terbaik berdasarkan berbagai aspek yang telah ditentukan, kemudian dari inovasi pendampingan TPK yang mereka ajukan kepada panitia pelaksana kegiatan dalam hal ini BKKBN Nasional.


"Yang masuk dalam TPK Kelurahan Tewah yakni bidan bernama Hesti Kusdianingrum, kader PKK Sulastri dan kader KB Yanae, yang berkoordinasi dengan tim mentor penyaji PBL Masyur dari perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah beserta mentor dari DP2KBP3A Gunung Mas yakni Demo, Anatin, Bobby Meity, dan PKB Kecamatan Tewah," jelas Rina Sari.

Selanjutnya, tiga terbaik Penyaji TPK Hebat bersama TPK lain di Indonesia mengikuti kelas dengan tema pencegahan stunting pada calon pengantin yang dilaksanakan pada Selasa, 26 Maret 2024 secara virtual.

Dalam kelas tersebut ada berbagai narsumber yang juga mendampingi 3 TPK terpilih yaitu dari Direktur Bina Ketahanan Remaja Dr. Edi Setiawan dari Rumah Sakit Akademik Universitas Gajah Mada dr. Esti Utami Risanto, Obginsos & Ancelma Rayi Sari Pranasti.

Dalam kegiatan Kelas TPK Hebat 2024 menampilkan 3 TPK terpilih untuk menyajikan analisa dan tata laksana yang dilakukan terhadap kasus Pembelajaran Berbasis Masalah/Problem Based Learning (PBL) yang dilanjutkan review serta pemberian rekomendasi dari pakar yang kompeten dalam bidangnya.

"Usai mengikuti serangkaian seleksi hingga kelas kemarin, kami mendapatkan kabar jika TPK Kelurahan Tewah mewakili Provinsi Kalimantan Tengah sebagai  mendapatkan peringkat I Penyaji TPK Hebat Seri I tingkat nasional dari 22  provinsi yang menjadi peserta, " jelasnya.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan meningkatnya capaian dan kualitas pendampingan calon pengantin/calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pascapersalinan dan baduta/balita.

Kemudian, meningkatnya pengetahuan, pemahaman dan keterampilan TPK dalam melakukan pelayanan KIE, fasilitasi pelayanan rujukan kesehatan, fasilitasi penerimaan bantuan sosial dan surveilans/pemantauan berkelanjutan.

Sehingga dapat menjadi solusi dari berbagai permasalahan di masyarakat untuk mencegah stunting khususnya di Kabupaten Gunung Mas. (RISKA YULYANA/Y)

Berita Terbaru