Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kegiatan Mamapas Lewu Rangkaian Peringati Hari Jadi ke-218 Kuala Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 27 Maret 2024 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Setelah melaksanakan ritual adat Balian beberapa hari yang lalu di Balai Basarah Hindu Kaharingan, Jalan Melati, rangkaian berlanjut dengan ritual Mamapas Lewu dengan berkeliling Kota Kuala Kapuas pada Rabu, 27 Maret 2024.

Kegiatan ini digelar Pemkab Kapuas melalui Disparbudpora setempat dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-73 Pemkab Kapuas.

Rombongan yang terdiri atas para Basir dalam kegiatan ini terlebih dahulu berkumpul di Balai Basarah Hindu Kaharingan. 

Kemudian dilakukan pelepasan secara simbolis oleh Kepala Disparbudpora Kabupaten Kapuas, Apollonia yang diwakili Kabid Kebudayaan, Ivan Yulius bersama para tokoh adat setempat dan lainnya.

Menggunakan kendaraan roda empat bak terbuka, mereka berkeliling Kota Kuala Kapuas untuk melaksanakan Mamapas Lewu, menyambangi perkantoran dinas/instansi, sejumlah rumah jabatan pejabat hingga ke Betang Sei Pasah.

Dalam ritual Mamapas Lewu ini, rombongan berkeliling sambil membaca doa-doa dengan diiringi tabuhan katambung dan alat musik lainnya hingga musik khas tradisional Kaharingan.

"Kegiatan ini rutin setiap tahunnya dilaksanakan. Terima kasih untuk semua yang telah mendukung kelancaran rangkaian acara," kata Ivan saat pelepasan.

Melalui ritual adat ini dirinya berharap dapat membersihkan Kabupaten Kapuas dari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga dapat menjauhkan dari berbagai bencana ataupun musibah.

Mamapas Lewu sendiri mengandung pengertian membersihkan wilayah, atau daerah dari pengaruh-pengaruh atau perbuatan jahat atau buruk. Baik yang dilakukan oleh manusia maupun oleh roh jahat (gaib) terhadap kehidupan. (DODI/H)

Berita Terbaru