Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mobil Hias Banama Tingang Kapuas Ikuti Parade HUT Dekranas di Solo

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 15 Mei 2024 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Mobil hias yang dinamai Banama Tingang dari Dekranasda Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengikuti parade mobil hias, kriya dan budaya dalam rangka HUT ke-44 Dekranas di Kota Solo, Jawa Tengah pada Rabu, 15 Mei 2024.

Pawai ini melibatkan puluhan mobil hias dan disaksikan ribuan masyarakat yang memadati sepanjang Jalan Slamet Riyadi.

Dalam keterangan tertulis dari Disdagperinkop dan UKM Kapuas menjelaskan bahwa Banama merupakan sebuah kapal atau perahu di dalam bahasa dayak dan tingang merupakan nama burung khas yang ada di Kalimantan.

Jadi, Banama Tingang ini adalah kapal berkepala burung tingang sejak dahulunya sebagai sarana transportasi masyarakat Kapuas yang hidup di pinggiran aliran sungai. 

Lalu, di mobil hias ini juga dihiasi dengan batang garing yang memiliki arti Pohon kehidupan dimana pohon ini merupakan tempat burung tingang singgah dan menikmati buahnya dan ini dijadikan sebuah tugu batang garing, tugu selamat datang yang merupakan ikon Kabupaten Kapuas.

Di dalam banama tingang ini juga ada rumah suku adat Dayak, yang di beri nama Rumah betang atau Huma Hai.

Di dalamnya di huni oleh lebih dari satu keluarga yang berbeda beda tetapi tetap selalu menjaga kebersamaan dan keharmonisan serta saling tolong menolong

"Di kabupaten kapuas juga kota pertanian sebagai salah satu lumbung padi Kalimantan Tengah, Kabupaten Kapuas juga memiliki potensi unggulan lainnya yaitu Kerajinan Rotan dan purun yang dibuat menjadi berbagai macam produk - produk rumah tangga dan aksesoris dimana kali ini menjadi bahan baku utama untuk mempercantik mobil hias Kabupaten Kapuas," kata Kepala Disdagperinkop dan UKM Kapuas, Apendi.

Selain itu, dia menjelaskan Kabupaten Kapuas beberapa waktu yang lalu juga berhasil mencatat Rekor Muri dalam kategori menganyam dan motif terbanyak untuk anyaman purun.

Kabupaten Kapuas juga baru baru ini memperoleh penghargaan adipura kategori kota kecil. Semuanya ini menjadi kado terindah di Hari Jadi ke 218 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke 73 Pemerintah Kabupaten Kapuas tgl 21 Maret 2024 yang dinakodai oleh Pj. Bupati Kapuas, Erlin Hardi dan Pj Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas, Agustina Sri Rejeki. (DODI/R)


TAGS:

Berita Terbaru