Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Beasiswa APERTI BUMN Beri Akses Pendidikan Berkualitas

  • Oleh ANTARA
  • 18 Mei 2024 - 21:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (APERTI BUMN) yang terdiri atas tujuh perguruan tinggi berafiliasi dengan badan usaha milik negara (BUMN) menyelenggarakan program beasiswa tahun 2024 untuk lulusan SMA/SMK sederajat di seluruh Indonesia.

Tujuan penyelenggaraan program beasiswa itu untuk memberikan akses pendidikan ke perguruan tinggi yang berkualitas sehingga memberikan dorongan untuk siswa-siswi yang ingin menempuh pendidikan tinggi untuk bisa tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas guna menghasilkan generasi bangsa yang berkualitas.

Ketua APERTI BUMN yang juga merupakan Rektor Telkom University Prof Adiwijaya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu menyampaikan beasiswa APERTI BUMN yang sudah diselenggarakan sejak 2021, merupakan bentuk komitmen bersama dalam memberikan akses kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi.

"Kami berkomitmen bersama bahwa pendidikan tinggi harus bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, maka dari itu beasiswa ini diberikan agar lebih banyak siswa-siswi yang bisa menikmati jenjang pendidikan tinggi," katanya.

Adapun, tujuh perguruan tinggi tersebut, yakni Telkom University (Tel-U), Universitas Pertamina, Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Institut Teknologi PLN (ITPLN), Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITT Purwokerto), dan Politeknik Semen Indonesia.

Lebih lanjut, Adiwijaya mengatakan dalam kegiatan peluncuran beasiswa APERTI BUMN 2024 di Jakarta, Sabtu hari ini, seluruh peraih beasiswa APERTI BUMN 2024 akan mendapatkan beasiswa penuh hingga lulus.

"Melalui beasiswa ini, kami juga ingin bersama-sama dalam mencetak generasi yang unggul untuk bangsa Indonesia dan dunia. Hal tersebut sejalan dengan tujuan beasiswa APERTI BUMN hadir untuk memajukan pendidikan dalam menyongsong dan mengelola Indonesia yang maju," ucapnya.

Untuk diketahui, pendidikan tinggi merupakan salah satu indikator penting dalam kemajuan suatu bangsa karena hal tersebut berkaitan dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan peluang ekonomi.

Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS) pada Maret 2023, Indonesia mengalami penurunan jumlah pelajar SMA sederajat yang melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi yang mencapai 52,65 persen.

Komitmen perguruan tinggi di bawah naungan APERTI BUMN dalam menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua, juga sejalan dengan program tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) ke-4.

Berikut persyaratan untuk mendaftar program beasiswa APERTI BUMN 2024, yaitu siswa SMA/SMK/MA lulusan tahun 2022, 2023, dan 2024; melampirkan nilai rapor semester 1 sampai 5; melampirkan sertifikat prestasi akademik atau non-akademik; berkas pendaftaran diunggah secara daring pada situs resmi perguruan tinggi yang dipilih; dan peserta hanya boleh memilih satu tujuan perguruan tinggi.

Berita Terbaru