Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bus Damri Layani Muara Teweh-Benangin PP

  • Oleh Agus Sidik
  • 01 Juni 2016 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Untuk melayani transportasi kecamatan dan pedesaan di Kabupaten Barito Utara (Barut), Dishubkominfo Kabupaten Barut meluncurkan trayek baru jurusan Muara Teweh-Benangin PP.

Bupati Barut H Nadalsyah meresmikan trayek baru ini di terminal Pasar Bebas Banjir (PBB), Rabu (1/6/2016) .

Acara ditandai dengan tampung tawar dan pemecahan telor di depan Bus Damri oleh bupati yang disaksikan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Habib H Said Ismail, Kepala Dishubkominfo Kabupaten Barut Ir H Iwan Fikri, pihak Damri, tokoh masyarakat serta tokoh agama.

Bupati Barut H Nadalsyah mengatakan, kehadiran bus ini bukan untuk persaingan taksi-taksi yang ada, tetapi merupakan tambahan pilihan transportasi.

'Bantuan bus ini dalam rangka memberikan jaminan kelancaran dan meningkatkan pelayanan angkutan penumpang umum di jalan, khususnya di daerah terisolir dan belum berkembang. Diharapkan kehadiran bus ini dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat,' jelasnya.

Beroperasinya bus Damri ber-AC oleh Perum Damri disambut positif masyarakat, karena sangat membantu kelancaran transportasi antara Muara Teweh dan Benangin, serta bisa membantu mempercepat pertumbuhan perekonomian masyarakat di Desa Benangin dan desa-desa disekitarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Barut Iwan Fikri mengungkapkan bahwa kegiatan peluncuran perdana bus Damri ini,sesuai visi, misi dan program kerja Bupati Barito Utara bahwa pembangunan transportasi jalan darat menuju Ibukota kecamatan desa akan terus dibangun untuk membuka keterisolasian dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di kecamatan atau desa.

Menurutnya, sesuai permohonan masyarakat untuk tahun 2017, pihaknya sudah mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan melalui Balai Lalu Lintas Angkutan Jalan, Sungai, Danau dan Penyebrangan (LLAJSDP) dan Perum Damri Palangka Raya untuk mengkaji dan membuka trayek Damri Muara Teweh-Montallat II (PP), Muara Teweh-Batu Raya (PP), dan Muara Teweh-Lampeong (PP).

"Dengan tersedianya sarana transportasi darat berupa Bus Damri diharapkan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat umum untuk melakukan aktifitas dengan aman, cepat, murah dan terjangkau oleh kalangan masyarakat di kecamatan dan desa,' tukasnya. (AGUS SIDIK/m)

Berita Terbaru