Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Danrem Imbau Masyarakat Jangan Bakar Lahan

  • Oleh Uriutu
  • 08 Juni 2016 - 14:35 WIB

BORNEONEWS, Barito Selatan - Komandan Korem 102/Panju Panjung, Kolonel Arh. Purwo Sudaryanto mengimbau masyarakat Kalimantan Tengah untuk tidak membakar hutan dan lahan.

'Membakar lahan dan hutan untuk keperluan apapun merupakan tindak pidana, apabila diketahui maka akan berurusan dengan hukum,' kata Danrem Palangka Raya, Kolonel Purwo Sudaryanto kepada Borneonews usai buka puasa bersama di Makodim Barsel. Selasa (7/6/2016) sore.

Ia mengatakan, hal tersebut seiring dengan telah dicabutnya Peraturan Gubernur Kalimantan Tengah No 15/2010 tentang perubahan Gubernur Kalteng No 52/2008 tentang pedoman pembukaan lahan dan pekarangan bagi masyarakat di Kalteng. Dalam peraturan ini, masyarakat adat diperbolehkan membuka lahan dengan cara membakar, namun dalam skala kecil dan bertanggungjawab.

Namun, lanjut dia, paska kebakaran hutan yang menimbulkan bencana kabut asap di Kalteng beberapa waktu lalu maka peraturan Gubernur ini telah dicabut. Pencabutan Pergub ini karena ada korporasi tak bertanggungjawab menunggangi kebijakan ini untuk membuka lahan.

'Dengan dicabutnya Pergub ini sekali lagi saya tegaskan agar masyarakat tidak lagi membuka lahan atau apapun itu dengan cara membakar. Karena jika menimbulkan kerugian dengan pihak lain maka akan berurusan dengan hukum,' tegasnya.

Ia mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kalteng, karena setidaknya sampai saat ini tidak ada lagi warga yang membakar hutan dan lahan, pasca bencana kabut asap beberapa waktu lalu.

Selain itu, kedatangan pihaknya ke Kodim 1012/BTK ini dalam rangka kunjungan kerja serta bersilaturahmi Ramadan 2016, sekaligus menghadiri buka puasa bersama. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati dan jajarannya karena telah menyambut kedatangan dirinya bersama rombongan dengan sangat baik.

Dandim 1012/BTK, Letkol. Inf Tri Aji Sartono, mengucapkan selamat datang kepada para undangan terkhususnya kepada Komandan Korem yang turut hadir dalam acara buka puasa bersama ini. 'Kami sangat bangga dengan kedatangan Korem ini. Ini sebagai motivasi kita agar kedepannya semakin kompak dalam menjalankan tugas demi bangsa dan negara,' ucapnya.

Turut hadir dalam acara buka puasa bersama tersebut, Bupati Barsel HM Farid Yusran, wakil Bupati Satya Titiek Atyani Djoedir, Kapolres Barsel AKBP Yussak Angga, kepala Kejaksaan Luhur Istighfar, perwakilan PN serta seluruh SKPD serta undangan lainnya. (URIUTU DJAPER/N).

Berita Terbaru