Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkot Palangka Raya Rangkul Universitas Brawijaya karena Ingin SDM Mumpuni

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 04 Agustus 2016 - 10:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Walikota Palangka Raya Riban Satia menginginkan sumber daya aparatur yang dimiliki pemerintah kota (Pemkot) Palangka Raya lebih cerdas dan mumpuni dalam kapasitasnya aparatur daerah yang profesional. Targetnya, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Ia memilih merangkul Universitas Brawijaya (UB) di Kota Malang untuk memluskan keinginannya itu.

Penekanan Riban disampaikan sesaat sebelum penandatanganan kesepakatan bersama  (MoU) Bidang Akademik dan Non Akademik antara Pemkot Palangka Raya dengan UB yang langsung ditanda tangani Riban dan Rektor Universitas Brawijaya Prof Mohammad Bisri bertempat di Ruang Jamuan Lt 6 Gedung Rektorat UB, Rabu (3/8/2016).

'MOU ini supaya aparatur mempunyai kapasitas berfikir akademik yang mumpuni, dan profesional dalam melaksanakan tugas,' tandas Riban dikutip dari rilis bagian Humas Setda Kota yang disampaikan kepada Borneonews.

'Lalu mempunyai paradigma berpikir yang luas serta modern berdasarkan kepada ilmu pengetahuan yang empiris sebagai upaya pengembangan manajemen pemerintahan yang berkelanjutan dalam rangka mewujudkan good and clean governance,' tambahnya.

Menurut Riban, reformasi birokrasi di lingkup Pemkot Palangka Raya, pada hakikatnya merupakan upaya untuk melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan kepemerintahan.

Karena itu ia berharap dari MoU tersebut kedepannya akan tercipta para sarjana,  Magister bahkan Doktor dari sumber daya manusia (SDM) dari Kota Palangka Raya yang memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni serta berani mengambil keputusan strategis dan sistematik, efektif serta efisien berdasarkan keilmuan untuk kemajuan Kota Palangka Raya.

Sementara itu Rektor UB, Mohammad Bisri berharap akan ada aksi nyata yang di lakukan bersama antara kedua belah pihak. Ia pun berharap Walikota Riban menganggarkan bantuan dana guna membantu mahasiswa guna pembayaran SPP.

'Saya berharap dengan Mou ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak dan ada aksi nyata dari pertemuan ini,' pesannya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini jumlah mahasiswa dari Kota Palangka Raya yang menimba ilmu di UB sebanyak 86 orang. Jumlah  mahasiswa terbanyak menempuh kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum, dan Fakultas Kedokteran.

Dalam kesempatan penandatanganan MoU tersebut, Riban memboyong sejumlah kepala dinas bahkan Wakil Walikota Mofit Saptono. Antara lain Kepala BKPP Kota Nyta Byanita Rezza,  Kepala Disdikbud Kota Norma Hikmah, Kepala Diskoperindag Sahdin Hasan,  Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Helmi, Kepala dinas Pertanian Ikhwansyah,  Kepala Dinas Parekraf Affendi. Dua Anggota Komisi C DPRD Kota juga diajak, yaitu Rusliansyah (Golkar) dan Rusdiansyah (PKB). (ROZIKIN/m)

Berita Terbaru