Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Sukamara Usulkan 120 Ribbon dalam APBD P 2016

  • Oleh Norhasanah
  • 08 September 2016 - 16:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Sukamara telah mengusulkan tambahan sebanyak 120 ribbon, atau tinta pencetak dalam APBD Perubahan Kabupaten Sukamara 2016. Pemerintah Kabupaten Sukamara berusaha keras mengatasi terlambatnya pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP), karena habisnya tinta pencetak.

'Ini cara mengatasi masalah pencetakan e-KTP karena yang dihadapi Disdukcapil selama ini hanya ribbon sedangkan untuk stok blanko dan yang lainnya aman-aman saja,'  kata Kepala Dinas Dukcapil Sukamara, Gusti Usman Effendi,  Kamis (8/9/2016).

Gusti Usman Effendi mengatakan, untuk mengatasi keterlambantan pengiriman ribbon dari provinsi, pihaknya telah mengusulkannya melalui APBD Perubahan Sukamara 2016. Soalnya, jika menunggu pengadaan dari pusat, diperkirakan keterlambatan akan semakin lama. Hingga saat ini pengadaan ribbon belum pasti, mengingat masyarakat sangat membutuhkan e-KTP untuk dapat mengurus hal penting yang berhubungan dengan e-KTP.

'Menurut informasi mereka baru mempersiapkan lelang pengadaan dan ini tidak pasti entah kapan akan selesai,' tuturnya.

Meski pencetakan belum bisa dilakukan, dirinya selaku Kepala Dinas Dukcapil tetap meminta kepada masyarakat Kabupaten Sukamara untuk tetap melakukan perekaman e-KTP agar target yang ditetunkan dapat tercapai.

'Masyarakat jangan menunggu rebbonnya datang, tetapi rekam saja dulu  agar data mereka tercatat dan nanti akan kita lakukan pencetakan secara keseluruhan' pinta Gusti.

Sebelumnya, Eni, salah seorang warga Kelurahan Mendawai menuturkan bahwa lamanya proses pembuatan E-KTP saat ini memang sangat merugikan masyarakat yang membutuhkan kartu tanda penduduk untuk berbagai keperluan, terlebih pemohon yang berasal dari luar kota.

'Kemarin sudah melakukan perekaman data dan keperluan administarsi lainnnya untuk membuat E-KTP, namun hingga sekarang belum KTP belum bisa dicetak,' kata Eny. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru