Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Angka Kematian Ibu Melahirkan di Sukamara Nihil Pada 2016

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Januari 2017 - 18:29 WIB

BORNEONEWS, Sukamara _ Angka Kematian Ibu (AKI) melahirkan di Sukamara pada 2016 tercatat nihil. Salah satu faktor penyebabnya, kelancaran program yang dilaksanakan dinas kesehatan (dinkes) setempat. Dan hal itu akan terus dipertahankan ke depannya.

'Angka kematian ibu saat melahirkan selama tahun 2016 memang tidak ada,' kata Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Sukamara, Amir Sapiyudin, Senin (9/1/2017).

Menurutnya, keberhasilan pihaknya dalam menekan angka kematian ibu ini akan membuat program pelayanan persalinan yang dilaksanakan dinas akan terus ditingkatkan. Mengingat tantangan ke depan akan semakin tinggi terutama mengubah pola pikir masyarakat yang masih memakai cara persalinan dengan bidan kampung atau yang biasa disebut dukun beranak bukan tenaga kesehatan.

'Saat melakukan pertolongan persalinan di wilayah tertentu kami tetap melibatkan dukun bersalin untuk ikut membantu saat persalinan. Agar mereka (bidan kampung) juga mengetahui proses penanganan persalinan sesuai dengan program dan standar kesehatan,' ujar Amir. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru