Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Pulang Pisau Minta Solusi soal Harga Singkong yang Murah

  • Oleh James Donny
  • 03 Februari 2017 - 21:05 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Kepala Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau, Rusmagau mengharapkan pemerintah daerah setempat memberikan solusi dengan kondisi yang dihadapi petani singkong di sana, karena harga hasil panen mereka sangat murah.

"Saya sangat prihatin dengan harga singkong ini karena berdampak pada perekonomian masyarakat yang ada di Desa Mintin," tandas Rusmagau, Jumat (3/1/2017).

Padahal, tandas dia, komoditas tanaman tersebut sejak lama menjadi andalan petani di sana. "Kalau harga singkong murah, secara otomatis berdampak pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Harapan dia, seyogyanya pemerintah daerah melalui dinas terkait dapat mencarikan solusi dengan kondisi yang dihadapi petani. "Kita berharap ada jalan keluar yang bisa diberikan dinas misalnya memberikan pelatihan-pelatihan olahan makanan singkong, sehingga dapat lebih bernilai dan meningkatkan ekonomi masyarakat," harapnya.

Manik, salah seorang petani singkong di Mintin mengatakan, harga jual singkong hanya Rp 1.200 per kg. Angka ini dinilai tidak ideal dengan modal yang dikeluarkan petani. Bahkan untuk biaya cabut dan ongkos angkut dari ladang para petani harus mengeluarkan biaya Rp600 per kg. (JAMES DONNY/B-5)

Berita Terbaru