Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Beberapa Potensi Pemicu Konflik di Kalteng

  • Oleh Cecep Herdi
  • 09 Februari 2017 - 14:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pergolakan antarsuku hingga menimbulkan konflik yang memakan korban jiwa pernah terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2001. Beberapa faktor yang bisa jadi pemicu konflik harus diredam agar konflik serupa tak terulang kembali.

Itu menjadi inti Sosialisasi Forum Pembauran Bangsa, yang digelar di Quizas Cafe & Resto, Pangkalan Bun, Kamis (9/2/2017) siang.

Data Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Tengah (Kalteng) menyebut, ada beberapa potensi penyebab yang bisa memicu konflik antarsuku. Di antaranya faktor budaya atau kebiasan, kriminal, serta penegakan hukum.

Kepala Badan Kesbangpol Kalteng, Berlin menjelaskan, kebiasaan pesta minuman keras, narkoba, pencurian, dan perampokan, juga bisa jadi pemicu konflik itu. "Penyebab terakhir adalah penegakan hukum yang kurang tegas atau lambat," kata dia.

Berlin mengatakan, Pemprov Kalteng selalu meminta tindakan tegas dan cepat aparat terhadap kasus-kasus terkait hukum di masyarakat. (CECEP HERDI/B-10)

Berita Terbaru