Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PDAM Sukamara Alami Kerugian Ratusan Juta Setiap Tahun.

  • Oleh Norhasanah
  • 09 Februari 2017 - 16:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara ' Setiap tahun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Sukma Sukamara mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Kerugian tersebut terjadi akibat pendapatan yang diperoleh perusahaan milik daerah tersebut tidak sebanding dengan biaya operasional yang harus dikeluarkan.

'Biaya operasional setiap tahun semakin meningkat sementara pendapatan masih tetap sama sehingga PDAM merugi setiap tahunnya,' kata Kepala PDAM Sukamara, Acep Sutisna. Kamis (9/2/2017).

Menurutnya, dalam satu tahun biaya operasional yang harus dikeluarkan mencapai Rp700 juta lebih. Anggaran dikeluarkan untuk pembelian bahan-bahan pengolahan air, biaya operasional dan lainnya. 'Dengan biaya operasional sebesar Rp700 Juta sementara pendapatan hanya sekitar Rp500 juta maka dalam satu tahun PDAM tidak mendapatkan laba.'

Menurut Acep, untuk menutupi biaya opearsional yang semakin tinggi tersebut, selama ini PDAM mendapatkan anggaran penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten Sukamara sehingga opearsional masih tetap berjalan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

'Kami tetap berupaya memberikan pelayanan dan memberikan kepuasan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan air bersih,' ucap Acep Sutisna. (NORHASANAH/N).

Berita Terbaru