Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Mencontoh Kota Malang, Dewan Inginkan Palangka Raya Terapkan BOSDA

  • Oleh Testi Priscilla
  • 06 Maret 2017 - 19:57 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Subandi menginginkan Pemerintah Kota Palangka Raya mencontoh Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur yang mampu menerapkan pendidikan gratis bagi warganya dengan menerapkan dana BOS yang dari daerah atau disebut BOSDA.

"Berdasarkan berdasarkan apa yang Komisi C dapat saat melakukan kunjungan kerja ke sejumlah kota di Jawa Timur kita menemui bahwa di Kecamatan Bumiaji, Kota Batu Malang, Jawa Timur itu sekolah dari SD sampai SMA digratiskan. Dengan APBD hanya sebesar Rp800 Miliar lebih, sedangkan APBD Palangka Raya Rp1,2 Triliun masa tidak bisa," ungkap Subandi kepada Borneonews, Senin (6/3/2017).

Menurut Subandi, sekolah-sekolah tersebut tidak memungut biaya sedikitpun, karena mengandalkan dari dana BOS Nasional (BOSNAS) dan BOS Daerah (BOSDA).

"BOS Daerah di sana berupa Peraturan Wali Kota setempat yang memberikan satu orang siswa dana Rp20.000, tapi penggunaanya 50 persen untuk peningkatan kualitas guru, 10 persen untuk pengembangan guru pendidikan dan 10 persen lagi untuk sarana fisik sekolah," tambah Politisi Partai Golkar ini. (TESTI PRISCILLA/B-8)

Berita Terbaru