Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bahaya! Baamang Tengah Tiap Tahun Jadi Langganan DBD

  • Oleh Naco
  • 07 Maret 2017 - 08:13 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Penyakit DBD nampaknya masih menjadi momok yang menakutkan, khususnya bagi warga yang tinggal di Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang, Kotawaringin Timur (Kotim). Pasalnya dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat daerah itu setiap tahunnya menjadi langganan korban nyamuk mematikan itu.

"Kita sudah melakukan pemetaan secara khusus untuk wilayah Baamang Tengah ini, karena setiap tahun di situ selalu ada korban dan meninggal dunia, dan terakhir yang baru-baru ini tadi satu korban umur 19 tahun juga meninggal dunia,"kata Kepala Dinkes Kotim dr Faisal Novendra Cahyanto, Selasa (7/3/2017).

Meski sampai merenggut jiwa, Faisal mengklaim DBD sampai bulan Maret di 2017 ini mencatatkaan kasus paling rendah sepanjang satu dekade, yakni hanya 12 kasus."Yang terjadi baru-baru ini di kelurahan yang sama yakni Baamang Tengah, sebelumnya sudah terjadi dengue shock syndrome (DSS) pada bulan Februari. Nah DSS ini ada kasus lagi, DB dengan fungsi berat, ada virus dengue masih di Baamang Tengah ini sehingga saat terjadi DSS sampai merenggut nyawa, karena syok," ujar Faisal.

Agar kejadian serupa ditahun berikutnya tidak terulang kembali, pihak setempat mulai dari RT, Kelurahan hingga Kecamatan sudah dipanggil, untuk sama-sama memberantas sarang nyamuk tersebut. "Sehingga di tahun akan datang tidak ada lagi korban jiwa di Baamang Tengah ini," ujar Faisal.

Dari data 2016, di Kotim mencatatkan kasus DBD sekitar 200 kasus, tahun ini ditargetkan turun setelah upaya antisipasi sudah dilakukan jauh-jauh hari seperti halnya fogging sudah dilakukan pada November dan Desember 2017 lalu. "Kami cukup massif lakukan fogging, untuk berantas sarang nyamuk secara kontinyu dan optimal,"pungkas Faisal. (NAKO/B-5)

Berita Terbaru