Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Desa Sababilah Diteror Isu Hantu Kuyang

  • Oleh Uriutu
  • 03 Mei 2017 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Warga Desa Sababilah, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan (Barsel), resah. Dalam beberapa pekan terakhir desa mereka diteror isu hantu kuyang.

Menurut kepercayaan warga Barsel, kuyang merupakan mahluk jadi-jadian. Ia keluar saat malam hari untuk menghisap darah. Dalam bahasa Ma'anyan, kuyang disebut hantuen.

'Tadi malam sekitar 21.30 WIB kita lagi santai di depan rumah sambil main gitar. Tiba-tiba melihat cahaya seperti api terbang dan mampir di sarang burung walet milik warga,' kata Pegi Pranata (23 tahun), warga Desa Sababilah kepada Borneonews, Rabu (3/5/2017).

Setelah didekati cahaya tersebut menghilang. Pegi lantas berasumsi bahwa cahaya seperti api tersebut adalah kuyang.

Pegi mengaku, tidak hanya dirinya yang melihat kuyang tersebut. Namun juga beberapa warga lainnya. Dalam sepekan terakhir, mereka mengaku selalu melihat cahaya seperti api terbang pada malam hari.

Menurut mitos, kuyang muncul untuk mengisap darah, khususnya ibu hamil. Namun, hingga saat ini belum ada seorang pun ibu hamil di Desa Sababilah yang mengaku diisap kuyang.

'Kami berencana minta bantuan dengan orang pintar untuk mengusir kuyang tersebut dari kampung kami sebelum ada kejadian yang tidak diinginkan,' ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-3)

Berita Terbaru