Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petugas Sensus Dituntut Hasilkan Data Berkualitas

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 Juli 2017 - 20:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), memberikan pelatihan bagi petugas sensus ekonomi agar benar-benar memahami konsep dan metode mencari data. Hal itu dilakukan untuk mendapatkan data sesuai fakta.

"Kami ingin hasil sensus ekonomi yang bagus dan benar. Makanya petugas sensus harus benar-benar menguasai konsep dan metode. Sehingga memahami bagaimana yang masuk dalam kategori usaha yang benar, dan bagaimana cara mengganti sampel yang benar," kata Kepala BPS Kalteng, Hanif Yahya, Selasa (18/7/2017).

Hanif membuka pelatihan bagi petugas Sensus Ekonomi Lanjutan 2016 di Sampit. Pelatihan ini diikuti sekitar 50 petugas sensus ekonomi dari Kotim dan Seruyan.

Mereka berkomitmen untuk menghasilkan data yang berkualitas. Untuk itulah petugas sensus harus menjalankan pendataan dengan baik dan benar sesuai standar yang ditetapkan sehingga menghasilkan data yang berkualitas.

"Kami mendatangkan instruktur nasional yang berpengalaman. Hal itu dilakukan agar semua petugas terlatih dengan baik," terang Hanif.

Kinerja petugas akan berpengaruh terhadap baik dan buruknya kredibilitas BPS dalam menyajikan data. Diyakini, semua bisa melakukan pendataan dengan baik karena semua merupakan orang terpilih.

Dari semua petugas sensus yang direkrut, hanya dua orang yang merupakan petugas baru. Karena itulah hampir semua petugas berpengalaman karena sudah ikut melakukan sensus ekonomi sejak tahun lalu.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh terkait sensus, metodologi dan konsep sensus. Petugas lapangan yang berkualitas akan menghasilkan data berkualitas," terang Hanif.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman secara menyeluruh terkait sensus, metodologi dan konsep sensus. Petugas lapangan yang berkualitas akan menghasilkan data berkualitas. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru