Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Diminta Waspadai Bahaya Difteri

  • 27 Desember 2017 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Apendi meminta masyarakat Kapuas mewaspadai penyakit difteri. Pasalnya, penyakit yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae ini gejalanya berupa demam tinggi, sakit tenggorokan dan terbentuk lapisan di amandel.

"Bakteri penyebab penyakit ini menghasilkan racun yang berbahaya apabila menyebar ke bagian tubuh lainnya," tegas Apendi saat ditemui Borneonews di ruang kerjanya, Rabu (27/12/2017).

Ia melanjutkan perlu kewaspadaan sejak dini di kalangan masyarakat Kapuas. Untuk anak-anak, orangtua harus membawa anaknya untuk diimuniasasi difteri.

"Saya mengimbau kepada masyarakat untuk wasapada akan bahaya terhadap difteri. Orangtua saya minta untuk membawa anaknya diberikan imunisasi difteri," kata Apendi.

Menurut Apendi, difteri sangat berbahaya dan bisa berakibat kematian. Sehingga, bagi orang dewasa yang menunjukkan gejala difteri harus memakai masker agar tidak menularkan melalui air liur dan nafasnya.

"Saya berharap masyarakat bisa menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan bergizi. Kalau hidup bersih tentu daya tahan tubuh pun lebih kuat. Serangan difteri dan tidak mengenal usia makanya perlu diberikan imunisasi," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru