Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Polres Kapuas Amankan Ribuan Potong Kayu Log 

  • 22 Februari 2018 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas-Tim Gabungan Polres Kapuas, Resmob Polda Kelteng dibantu Polsek Mantangai dalam waktu 24 jam berhasil amankan ribuan potong kayu log disekitar anak Sungai Mantangai dan Desa Katunjung, Kecamatan Mentangai, Kamis (22/2/2018)

Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar.S.IK melalui Kasat Reskrim Polres Kapuas AKP Iqbal Sangaji.S.IK yang memimpin operasi wanalaga mengatakan, pihaknya menggelar operasi yang berhasil mengamankan 3000 potong kayu log ini berkat informasi dri masyarakat yang resah akan adanya aktivitas pembalakan dan aksi penebangan liar,  

Meski dalam operasi ini tak seorangpun ada tersangka yang dapat diamankan namun demikian pihaknya sudah mengantongi nama-nama pemilik baik kayu log tersebut maupun pemilik Bandsaw-nya.

"Memang benar kita berhasil amankan kayu log yang sudah dirakit dan ditinggal mengapung disungai, "kata AKP Iqbal Sangaji kepada Borneonews melalui sambungan telepon.

Tak hanya itu, lanjut Iqbal, selain mengamankan ribuan log kayu, pihakny juga memasang garis polisi di 3 Bandsaw dan mengamankan beberapa peralatan seperti gergaji potong yang biasa digunakan untuk mengolah kayu log menjadi kayu siap pakai.

"Saat ini saya sudah mengerahkan sekaligus memerintahkan anggota saya untuk mengejar para pemilik kayu-kayu log serta pemilik Bangsaw tersebut,  dan untuk barang buktinya hari ini juga akan kita amankan beberapa peralatan penbgolahan kayu mentah jadi masak serta dengan kita tarik ribuan rakit log tersebut untuk di bawa ke Kapuas untuk dijadikan barang bukti" terang dia.

Mantan Kasat Reskrim Polres Pulang Pisau ini menjelaskan, dari hasil pantauan di lokasi kayu-kayu tersebut diamankan,  nampaknya aktivitas akan penebangan kayu liar ini sudah lama dilakukan. Hal ini nampak dari adanya jalur-jalur untuk menurunkan kayu tersebut dari darat yang selanjutnya dirakit di atas air.

Sementara itu, untuk mengelabui agar tak terlihat oleh petugas,  sebagian besar kayu-kayu log yang sudah dibuat menjadi rakit di sembunyikan di beberapa anak Sungai Mantangai.

"Namun karena kejelian dari perugas gabungan kesemua kayu-kayu log yang disembunyikan serta bertdasarkan laporan masyarakat akhirnya di amankan," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru